Teknik Relaksasi Mental / Relaxing Scene Technique

Bagian dari tujuan memperdalam teknik hipnosis adalah untuk menciptakan relaksasi mental, jadi apa cara yang lebih baik daripada sekedar mengajak klien membayangkan berada di tempat yang santai? Jadi jika ada tempat atau jenis tempat di mana seseorang selalu merasa santai maka Anda dapat memintanya memvisualisasikan berada di tempat itu untuk membantunya melayang ke ketenangan yang lebih dalam.

Peringatan – jika Anda mengajak Klien untuk memvisualisasikan suatu tempat yang ia tahu dalam kenyataannya, maka harus memiliki hanya konotasi positif bagi dia –  harus benar-benar tidak ada perasaan negatif atau kenangan buruk tentang tempat itu.

Berikut adalah beberapa contoh :

Pantai.

Ajak Klien membayangkan bersantai di tepi pantai, mungkin di pantai atau menghadap pasir emas dan laut biru – hanyut di bawah sinar matahari hangat ke relaksasi yang lebih dalam.

Taman.

Ajak Klien membayangkan di dalam sebuah taman yang damai. Teknik ini sangat berguna karena dia dapat menggunakan semua indra – Klien dapat memvisualisasikan diri di taman, bisa membayangkan bau bunga,  bisa membayangkan mendengar burung,  dapat membayangkan perasaan sinar matahari yang hangat.

Pegunungan.

Jika suka pegunungan, maka klien bisa Anda minta membayangkan dirinya di lokasi yang damai di pegunungan.

Hutan yang indah

Ajak Klien membayangkan berjalan melalui hutan damai atau hutan – bersantai dengan setiap langkah yang ia ambil.

Sekali lagi – pastikan Anda gunakan kreativitas.

Semua hanya akan dibatasi oleh imajinasi Anda. Temukan visualisasi yang bekerja terbaik bagi Klien.